Cari situs lain disini

Senin, 20 Juni 2011

38 DPC PPP se-Jatim Sepakat Pertahankan SDA

ilustrasiSurabaya X-pose- Seperti biasa menjelang suksesi kepemimpinan parpol, bisik-bisik dan aksi dukung mendukung calon pemimpin selalu marak. Tetapi itu tidak berlaku bagi kader PPP Jatim.
Dalam Muskerwil I DPW PPP Jatim di Garden Palace Surabaya, Minggu (19/6/2011), bisik-bisik atau aksi dukung mendukung itu nyaris tak terdengar. Padahal dua pekan ke depan, tepatnya 3-7 Juli, PPP akan menggelar Muktamar VII di Bandung.
Sedikitnya dua nama kini ramai diberitakan akan bertarung memperebutkan kursi Ketua Umum DPP PPP. Yakni Menteri Agama Surya Dharma Ali (SDA) yang kini masih menjabat Ketua Umum DPP PPP, dan Ahmad Muqowwan, kader muda NU Semarang yang beberapa kali duduk sebagai anggota DPR RI.
Rupanya bukan tanpa sebab jika Muskerwil DPW PPP kader PPP Jatim itu bersih dari dukung-mendukung calon Ketua Umum-nya. “Untuk Jatim, seluruh DPC di 38 kota dan kabupaten sudah satu suara mempertahankan SDA. Siapa pun calon yang akan menjadi kopetitornya dalam Muktabar di Bandung. Itu sudah ada kesepakatan jauh sebelum muskerwil,” kata seorang kader yang keberatan disebut namanya.
Tak pelak, acara Muskerwil pun berjalan mulus. Ketua Panitia Pelaksana H Mahdi Al Hamid beralasan, suasana Muskerwil seperti ini (bersih dari aksi dukung-mendukung calon Katua Umum) karena tingkat kesadaran berpolitik kader PPP Jatim sangat baik.
“Muskerwil bertujuan menyusun program PPP ke depan. Itu yang disadari kader, termasuk saya. Jadi kalau mau bicara dukung mendukung itu bukan ranah yang harus dikomentari,” ujarnya diplomatis.
Sementara itu, ditemui di sela kesibukannya menghadiri acara itu, SDA yang terkesan tenang mengklaim telah mendapat dukungan 70 persen dukungan untuk maju menjadi ketua umum pada Muktamar PPP VII. “Ya, saya bersyukur masih diterima oleh kader di tengah orang di luar PPP menganggap saya gagal meningkatkan perolehan suara pada Pemilu 2009 lalu,” katanya.
Selain Jatim, 70 persen dukungan itu menurutnya juga dari  Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bali, Banten, dan Lampung.
Belajar dari kegagalan itu, SDA menyatakan, jika terpilih kembali menjadi Ketua Umum DPP PPP, ia akan melibatkan penuh pengurus daerah untuk menentukan target. Karenanya ia meminta DPW dan DPC se-Indonesia segera melakukan kajian-kajian untuk memetakan ptotensi perolehan suara. Hasil pemetaan itulah yang akan ia jadikan dasar menentukan target perolehan suara nasional.(ijo)
Bookmark and Share