Cari situs lain disini

Rabu, 15 Juni 2011

6 Sniper Siaga di Sidang Vonis Ba'asyir

Jakarta X-pose Untuk menghindari kemungkinan terburuk, polisi menyiagakan 6 penembak jitu atau sniper saat sidang vonis Abu Bakar Ba'asyir pada Kamis (16/6) besok. 6 Sniper ini akan ditempatkan di kendaraan Polri.

"Disiagakan 6 sniper orang berdiri di kendaraan Rantis kita dengan siap tembak. Tembakan terukur dan nomor senjata, buatannya apa semua itu, anggota didata," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman.

Hal itu ia sampaikan usai meresmikan ruang Pelayanan Penyidikan di gedung Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (15/6/2011).

Menurut Sutarman, penembakan di lapangan merupakan kewenangan anggota yang telah diberikan senjata. Penembakan dilakukan jika memang situasi di lapangan sudah membahayakan jiwa petugas.

"Dan dia gunakan senjata untuk menembak. Kita selalu prediksi yang terjelek, sehingga kita berikan kesiapan yang cukup," ujarnya.

Sutarman mengatakan, Polda Metro Jaya menerjunkan 2.286 personelnya. Kemudian diback-up Mabes Polri 550 personel, serta TNI menurunkan 1 batalyon terdiri dari 335 personel, lengkap dengan senjata.

"Tapi sejauh ini cukup kondusif, cukup aman, lalu lintas juga cukup aman," ungkapnya.

Setiap pengunjung yang hendak masuk akan diperiksa barang bawaannya. Mereka tidak diperkenankan membawa senjata tajam, bahan peledak, dan senjata api. Setiap pengunjung boleh masuk ke dalam ruang sidang namun dibatasi.

"Karena ruangannya tidak terlalu besar. Tapi disediakan layar di luar seperti biasa," tandasnya.

(gus/fay)