Cari situs lain disini

Rabu, 01 Juni 2011

Hari Lahir Pancasila Masih Pro dan Kontra


Surabaya X-pose Soal hari lahirnya Pancasila masih pro dan kontra. Belum ada kesepakatan maupun keputusan Presiden tentang lahirnya Pancasila. Hal ini disampaikan Prof ALI MASCHAN MOESA anggota Komisi VIII DPR RI saat dikonfirmasi Suara Surabaya, Rabu (01/06).

Menurut ALI MASCHAN, saat ini bukan peringatan hari lahirnya Pancasila. Tapi ini merupakan jalan tengah tentang peringatan pidato Bung KARNO soal Pancasila.

Pro dan kontra itu, karena ada 3 pendapat soal hari lahir Pancasila. Bung KARNO memang berpidato soal Pancasila 1 Juni tapi sebelumnya ada 2 orang yang juga berpidato soal Pancasila yakni Prof. MOHAMMAD YAMIN pada 28 Mei dan 10 Mei Prof SUPOMO.

Sementara itu, SLAMET warga Surabaya pada Suara Surabaya juga menyampaikan pendapatnya bahwa kalau meributkan soal lahirnya Pancasila memang tidak akan ketemu. Pasalnya, Pancasila itu digali dari apa yang sudah ada dan diterapkan di negara Indonesia sendiri.

“Dalam pidatonya, Bung KARNO mengakui bukan dia yang menemukan atau membuat. Yang perlu adalah penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara dan bukan hari lahirnya,“ujarnya.

SLAMET menambahkan selama ini, Pancasila nampaknya sudah dilupakan dan sekarang jadi carut marut. Kalau masing-masing pribadi kembali ke jati diri, dan kondisinya akan kondusif tidak seperti saat ini. (tin)