Cari situs lain disini

Senin, 20 Juni 2011

Ratusan Perangkat Desa Demo di Depan DPR, Lalin Semanggi-Slipi Macet

Jakarta X-pose - Ratusan perangkat desa yang sebelumnya berunjuk rasa di depan Kementerian Dalam Negeri kini sudah bergeser ke depan Gedung DPR, Senayan. Akibatnya, lalu lintas dari Semanggi menuju Slipi macet parah.

Pantauan media, Senin (20/6/2011) pukul 13.30 WIB, ratusan perangkat desa yang mengenakan baju coklat ini menutupi semua ruas jalan Gatot Subroto, Jakarta. Akibatnya kendaraan dari Semanggi ke arah Slipi tersendat.

Para demonstran membentangkan spanduk dan berorasi di depan gedung DPR. Mobil-mobil yang yang melintas di depan gedung DPR terpaksa harus berjalan perlahan karena seluruh ruas jalan tertutup demonstran.

Sebelumnya pada pukul 07.00 WIB sekitar 500 perangkat desa menggeruduk Kantor Kemendagri. Mereka menuntut agar draf RUU Desa segera diserahkan ke DPR dan segera disahkan. Aksi tersebut diiringi kesenian Reog Ponorogo. Akibat aksi massa, jalan di depan kantor Kemendagri ditutup.(dtk)

Jakarta - Usaha keras telah dilakukan para Perangkat desa yang tergabung dalam Parade Nusantara akhirnya membuahkan hasil. Setelah berdemo di depan kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhirnya berjanji akan membawa RUU tentang Desa ke Baleg DPR RI hari ini.

"Kita akan membawa RUU tentang Desa ini ke Baleg DPR. Hari ini juga," ujar Dirjen Kesatuan Bangsa dan Politik Kemendagri Tanri Bali di kantornya, Senin (20/6).

Tanri yang baru saja bertemu dengan para perwakilan kepala desa. mengatakan, salah satu tuntutan yang paling krusial dari para perangkat desa adalah soal masa jabatan. Mereka menginginkan, masa jabatan mereka diperpanjang hingga 8 sampai 10 tahun.

"Kita akan konsultasi dengan Baleg DPR dulu," jelas Tanri.

Para perangkat desa menyambut baik hasil pertemuan itu. Setelah bertemu dengan pihak Kemendagri, para perangkat desa dari berbagai wilayah di Indonesia itu segera membubarkan diri. Mereka kini akan melanjutkan aksinya ke Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Sebagian besar pendemo berjalan kaki menuju DPR. Namun ada juga yang mengendarai sepeda motor. Berdasarkan pantauan WartaNews.com, akibat dari aksi demo tersebut, lalu lintas di sejumlah ruas jalan  seperti di Jalan Medan Merdeka Barat arah ke MH Thamrin, terpantau padat.(*/ipk)