Cari situs lain disini

Senin, 20 Juni 2011

"SBY Diakali Anak Buahnya"

JAKARTA X-pose - Direktur Wahid Institute, Yenny Wahid mengungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah dibohongi anak buahnya. Pernyataan tersebut dikatakan Yenny menanggapi pidato SBY tentang nasib buruh migran di hadapan peserta Konferensi Internasional Labour Organization (ILO).

"Pidato SBY sangat luar biasa di Konferensi ILO, belum ada seminggu setelah pidato kasus ini (Ruyati) menampar beliau. Presiden diakalain oleh anak buahnya. Bawahanya mengatakan sudah baik ternyata seperti ini kejadiannya," kata Yenny saat ditemui di kantor Wahid Institute Jakarta, Senin (20/6/2011).

Kasus Ruyati, lanjut Yenny, menunjukkan bukti ketidakseriusan pemerintah dalam menangani tenaga kerjanya di luar negeri.

"Para pejabat sudah tahu dari Januari tapi dibiarkan, ada pembiaran pemerintah. Kalau seperti ini terlihat pemerintah acuh mau mati terserah, hidup terserah, kami prihatin dengan ini," katanya.

Lebih lanjut Yenny meminta pemerintah meniru sikap almarhum ayahnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid dalam menangani kasus yang serupa.

"Gus Dur pernah mengalami hal seperti ini, tapi nyatanya bisa. Permasalahanya mau tidak pemerintah melakukan high diplomasi. Syaratnya pemerintah mau tidak melakukan lobby dengan kepala negara dimana para TKI bermasalah," tegasnya.

Kata Yenny, tidak ada kata tidak mungkin untuk menyelesaikan kasus tenaga kerja Indonesia diluar negeri asal kepala negara mau langsung menangani atau turun tangan dalam kasus seperti yang mendera Ruyati. (put)